banner 1080x1921

Kembangkan Minat-Bakat Mahasiswa, Prodi PGSD-UNPATTI Gelar Pagelaran Seni dan Expo Entrepreneurship

Ambon, BM31News.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (UNPATTI) Ambon menggelar Pagelaran Seni dan Expo Entrepreneurship Tahun 2023.

Pagelaran Seni dan Expo Entrepreneurship ini merupakan aktualisasi dari salah satu mata kuliah Prodi PGSD di semester 4 yaitu mata kuliah seni dan ketrampilan. Dimana setiap akhir semester dari mata kuliah ini akan dilakukan kegiatan pentas seni bagi seluruh mahasiswa di semester 4 dalam bentuk pentas dan dilakukan berkesinambungan setiap tahunnya.

“Prodi PGSD memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada mahasiswa dengan minat dan bakat mereka untuk diaktualisasikan dalam bentuk pagelaran. Ini sudah tahun ke tiga, kita pendidikan guru sekolah dasar setiap tahunnya melakukan pergelaran seni.” ungkap Ketua Program Studi PGSD Dr. Johannes Pelamonia, M.Pd di sela-sela kegiatan pagelaran yang berlangsung di Kampus B PGSD Unpatti, Selasa (27/06/2023).

banner 1080x1080

Pagelaran Seni dan Expo Entrepreneurship yang digelar di halaman kampus PGSD FKIP-UNPATTI itu bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat serta melatih mahasiswa agar memiliki jiwa wirausaha sehingga pada saatnya bukan saja mahasiswa dipersiapkan menjadi seorang guru sekolah dasar, akan tetapi mahasiswa juga memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang pengusaha.

Baca Juga:  1.804 Lulusan UNPATTI Diwisudakan pada Periode April 2024

“Ketika suatu saat mereka telah keluar dari kampus, jiwa Entrepreneurship ini yang akan mereka kembangkan. Jadi bukan sebatas teori tetapi mereka bisa menyajikan itu dan tampil dalam Expo” tandas Pelamonia.

Menurutnya, kegiatan paggelaran seni kali ini sangat spektakuler karena memiliki makna dan filosofis yang sangat dalam, dimana pagelaran seni yang ditampilkan itu berupa seni tari, seni musik, maupun seni drama yang dikombain dalam tarian khas daerah Maluku kemudian drama musikal yang mewakili kehidupan budaya orang Maluku maupun kehidupan mahasiswa itu sendiri dan dikemas bersama dengan kegiatan Purna Bakti Dosen Prodi PGSD FKIP-UNPATTI.

Pelamonia mengatakan, sebagai ketua program studi yang memimpin program studi terbesar di UNPATTI, dirinya merasa penting untuk kemudian memberikan ruang dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para dosen yang sudah purna bakti. Karena mereka sudah memberikan begitu banyak jasa yang tak ternilai untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui program studi ini.

Kemudian juga penghargaan kepada purna bakti dosen yang dirangkai dengan kegiatan pagelaran seni itu merupakan suatu tindakan untuk menumbuh kembangkan semangat hidup orang basudara, adik dan kaka yang ada di Prodi PGSD. Karena PGSD sendiri memiliki moto “Together We Are Can” yang artinya bersama kita bisa. Kemudian PGSD adalah rumah kita bersama dan ini tempat dimana para mahasiswa menimbah ilmu.

Baca Juga:  Yudisium FISIP UNPATTI, 7 Lulusan Peroleh Predikat Cumlaude

“Sebagai dosen, kita sebagai orang tua bagi mereka, kita terbingkai dalam sebuah keluarga besar, yang melalui kegiatan ini dapat menghubungkan, menumbuhkembangkan semangat rasa persaudaraan diantara seluru civitas Prodi PGSD, sehingga tidak ada sekat antara mahasiswa dan dosen.” Ungkapnya

Lanjut Pelamonia, PGSD dibawah kepemimpinannya berkomitmen untuk terus berupaya mengembangkan Prodi PGSD menjadi lebih baik yaitu dengan direncanakan untuk membuka Prodi Pasca Sarjana PGSD. Menurutnya, S2 Prodi PGSD menjadi sebuah kebutuhan karena guru sekolah dasar itu sangat banyak.

“Prodi PGSD saat ini sementara menyiapkan program S2, kita telah membentuk tim pembentukan program pasca sarjana untuk guru sekolah dasar, karena kita yakin bahwa animonya sangat tinggi. Lulusan kita itu tesebar di 11 kabupaten/kota dan bicara terkait guru SD itu sangat banyak.” Jelasnya.

Baca Juga:  Tiga Regu SMP N 7 Malteng Meriahkah LGJI Menyongsong HUT GPM ke-88

Sebagai komitmennya, Pelamonia akan mendorong teman-teman tim yang di pimpin oleh Dr. Samuel Patra Ritiauw, M.Pd untuk sesegera mungkin menyelesaikan semua berkas administrasi yang berhubungan dengan pembukaan S2 dan diharapkan mungkin tahun ini bisa terselesaikan.

Untuk diketahui, kegiatan pagelaran seni dan expo entrepreneurship tersebut dihadiri oleh Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. I. H. Wenno, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Unpatti, Karolis Anaktototy, S.Pd, M.A., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP Unpatti, Amjad Salong, S.Pd, M.Pd., serta para dosen dan mahasiswa dalam lingkup FKIP Unpatti. (BM31-01)

banner 1080x1080
banner 1080x1534
error: Konten Dilindungi !