BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News

BM31News

Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Ambon, – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di lingkungan Universitas Pattimura dalam sorotan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, di laksanakan di lapangan upacara Rektorat Unpatti Ambon, Sabtu (1/6/24) dengan inspektur upacara Wakil Rektor Bidang Akademik Dominggus Malle.

Hadir dalam upacara tersebut Pimpinan Universitas, Ketua Senat, para pimpinan Fakultas, Lembaga, Pascasarjana, Civitas Akademika, Tenaga Kependidikan serta Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura.

BM31News

Dominggus Malle dalam arahannya sekaligus membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengatakan Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan dan juga Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Baca Juga:  Tingkatkan Pengalaman Belajar, Siswa-Siswi SD Lab UNPATTI Kunjungi Kebun Praktek Fakultas Pertanian

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema yang di usung kepala BPIP ucap Malle dimana Pancasila menyatukan semua pihak meliputi masyarakat dan bangsa Indonesia dengan berbagai perbedaan baik suku, agama, budaya dan bahasa.

BM31News

Tema ini berkaitan dengan Indonesia memasuki masa 1 abad atau 100 tahun yaitu Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kepala BPIP dalam pidatonya yang di bacakan Dominggus Malle menegaskan Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Baca Juga:  UNPATTI Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

Ada nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

BM31News

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”, ungkap kepala BPIP.

Kendati demikian, kepala BPIP mengajak komponen bangsa termasuk di provinsi Maluku lebih khusus di kalangan Civitas Akademik Unpatti untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

BM31News BM31News
banner 1080x1921
error: Konten Dilindungi !