BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News

BM31News

Kunjungi FMIPA Unpatti, Tim Universitas Brawijaya Lakukan Benchmarking Jurnal dan Kuliah Umum

Ambon, – Pengelola “Jurnal Barekeng” Unpatti menerima kunjungan tim Benchmarking dari Universitas Brawijaya pada Selasa (11/6/24).

Dalam kunjungan tersebut, selain melakukan benchmarking (pembandingan), tim dari Universitas Brawijaya juga melaksanakan kuliah tamu pada Jurusan Matematika FMIPA Unpatti sekaligus memberikan sosialisasi Program Studi Pascasarjana Statistika Universitas Brawijaya.

BM31News

Yopi Andry Lesnussa selaku editor Jurnal Barekeng mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan tim dosen Departemen Statistika dan Pengelola Journal of Applied Science and Data Science (JASDS) Universitas Brawijaya dalam rangka melakukan benchmarking pada Jurnal Barekeng Unpatti yang berlangsung selama dua hari dari ke depan.

“Kegiatan benchmarking oleh Universitas Brawijaya merupakan salah satu implementasi kerja sama antara FMIPA Brawijaya dengan Jurnal Barekeng Unpatti yang telah dirintis sejak tahun 2023,” kata Lesnussa.

Lesnussa menambahkan bahwa kerja sama FMIPA Brawijaya dengan Jurnal Barekeng Unpatti pertama kalinya menjadi jurnal mitra dalam kegiatan “Brawijaya International Conference On Statistical Modeling and Data Science (Bicosda)” Tahun 2023 lalu.

BM31News

Dijelaskan bahwa Jurnal Barekeng yang saat ini telah terakreditasi SINTA 2 merupakan media publikasi ilmiah dalam bidang matematika murni dan matematika terapan yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA Unpatti.

Sejak terakreditasi SINTA 3 hingga SINTA 2, Jurnal Barekeng Unpatti sudah banyak berkontribusi dalam berbagai bidang ilmu dan sharing pengetahuan. Hal tersebut menajadi pengalaman dalam pengelolaan jurnal ilmiah, baik terhadap Fakultas dan Prodi dalam lingkup Unpatti maupun di lingkup LLDikti Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara serta beberapa kampus lainnya di Indonesia, tandasnya.

Baca Juga:  Rektor UNPATTI Temui Pj. Gubernur dan Walikota Bahas Pelaksanaan KKN Kebangsaan XII Tahun 2024

Pengelolaan Jurnal Barekeng Unpatti sejak didirikan tahun 2007 yang dipelopori oleh Alm. Gysber Tamaela sempat beberapa kali berganti pengelola oleh staf dosen Jurusan Matematika hingga di akhir tahun 2017 mulai dikelola oleh Yopi Andry Lesnussa sebagai Editor in Chief hingga sekarang.

BM31News

Berbagai upaya dan kerja keras telah dilakukan sejak Januari hingga Juli 2018 lalu untuk memperbaiki dan mempersiapkan Jurnal Barekeng sehingga siap untuk diajukan proses akreditasi Jurnal Nasional pada tahun yang sama dan berhasil terakreditasi SINTA 3 untuk pertama kalinya.

Usaha untuk membesarkan dan mengembangkan Jurnal Barekeng terus melakukan re-akreditasi pada 2018 lalu tetapi hasilnya tetap pada SINTA 3. Namun pada tahun 2020, usaha yang sama dilakukan Jurnal Barekeng dan berhasil naik ke SINTA 2 yang disahkan melalui SK Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi Kemdikbudristek Nomor: 158/E/KPT/2021.

BM31News BM31News
BM31News
error: Konten Dilindungi !