BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News

BM31News

Rakernas XIII KIBI di FMIPA Unpatti Hadirkan Narasumber Menkes RI dan Dirjen Diktiristek

Ambon, – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpatti melalui Program Studi (Prodi) Sains Biomedis ditunjuk jadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII serta pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nasional II Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia (KIBI) secara online dan offline yang di ikuti oleh 35 peserta perwakilan dari prodi S1, S2 dan S3 pada 16 Universitas yang ada di Indonesia.

Rakernas XIII dan Penelitian Pengabdian Masyarakat Nasional II KIBI dilaksanakan di Auditorium FMIPA Unpatti pada Rabu (30/5/24) yang dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dominggus Malle.

BM31News

Hadir dalam kegiatan Rakernas XIII dan Penelitian Pengabdian Masyarakat II KIBI sebagai pembicara yaitu Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin sebagai pemateri tentang Peran Biomedis dalam Meningkatkan Pelayanan di Bidang Kesehatan dan Dirjen Dikti Ristek yang diwakili oleh Direktur Sumber Daya, Lukman dengan materi yang di bahas adalah Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi.

Baca Juga:  Ketua TGPP Pimpin Rapat Bahas Tugas Teknis TPID dan Langkah-Langkah Penanganan Inflasi di Maluku

Rakernas XIII kali ini membahas tentang Rencana Kerja Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia, serta menetapkan kurikulum standar pendidikan S1, S2 dan S3 ilmu biomedik dalam rangka mendukung kamajuan ilmu kedokteran dan kesehatan di Indonesia.

Tema yang di usung dalam Rakernas XIII dan Penelitian Pengabdian Masyarakat Nasional II KIBI oleh penyelenggara yakni “Transformasi Kurikulum Ilmu Biomedik dalam Meningkatkan Penjaminan Mutu dan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan dan Kedokteran”.

BM31News

Kendati demikian Dominggus Malle dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Rakernas mengatakan melalui rapat kerja ini diharapkan prodi sains biomedis juga akan belajar dan terlibat langsung dalam dinamika konsersium ilmu biomedik Indonesia.

Tentunya banyak sekali dukungan dan kerjasama serta kolaborasi yang dibutuhkan untuk pengembangan program studi ini dari berbagai pihak.

Dalam penjaminan mutu pendidikan tinggi banyak hal yang perlu dibenahi berupa rancangan kurikulum terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang sifatnya perlu disesuaikan terutama kegiatan magang pada dunia industri, sebut Malle.

Baca Juga:  Universitas Pattimura Jejaki Kerja Sama dengan Telkom
BM31News

Terkait dengan tridarma yakni dengan penelitian dan pengabdian, momen ini menjadi kesempatan bagi unpatti maupun konsersium merancang kegiatan penelitian kolaborasi yang didalamnya melibatkan setiap komponen anggota konsersium yang ada.

“Kami juga memberikan apresiasi atas kegiatan Pengabdian Masyarakat Nasional yang akan dilaksanakan di negeri Waai dan Hila Kabupaten Maluku Tengah,” ujar Malle dengan harapan rapat kerja ini dapat melahirkan keputusan-keputasan strategis yang dapat di implemantasikan pada tiap unit kerja nantinya.

Segenap Civitas Akademika Universitas Pattimura mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan apresiasi atas ditetapkannya Universitas Pattimura sebagai penyelenggara kegiatan Rapat Kerja Nasional XIII serta Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nasional II KIBI, tutup Malle.

Sementara itu ketua umum KIBI Asmarinah dalam sambutan dan arahannya mengatakan, dalam rangka mendukung Visi Kepengurusan KIBI yakni menjadi organisasi keilmuan biomedik dan kedokteran yang terekognisi secara nasional dan global untuk mendukung kemajuan kedokteran dan kesehatan, melalui kerja sama Tri Dharma nasional dan internasional yang mendukung keberhasilan pendidikan peserta didik, maka salah satu cara untuk mendukung visi tersebut adalah dengan melakukan Rakernas KIBI setiap tahunnya.

Baca Juga:  Murad Lantik Pengurus KONI Maluku Tengah Masa Bakti 2023-2027

Rakernas ke XIII yang berlangsung di Universitas Pattimura akan membahas berbagai hal termasuk menetapkan kompetensi standar kurikulum jenjang S1, S2 dan S3 serta meningkatkan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat antara anggota KIBI, ucap Asmarinah.

Dalam agenda Rakernas ini dilakukan diskusi pembahasan kurikulum S1, S2 dan S3 oleh Prof. Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A.Subsp.TKPS, M.Kes, Prof. dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm.D dan Dr.Dessy Arisanti, S.Si, M.Sc serta pelaksanaan Sidang Pleno: “Kurikulum, Website, Jurnal, Penjaminan Mutu, Kerja sama, Pemaparan Anggota Baru KIBI. (BM31)

BM31News BM31News
banner 1080x1921
error: Konten Dilindungi !