banner 1080x1921

Tiga Gaya Hidup Sederhana Pencegah Resiko Kanker

Kesehatan, – Risiko penyakit kanker tidak hanya dipicu oleh faktor keturunan. Gaya hidup yang kita lakukan sehari-hari juga memainkan peran penting dalam mengembangkan risiko tersebut.

Sayangnya tidak sedikit orang yang menyadari hal itu sehingga tanpa sadar mereka sedang mengembangkan risiko kanker. Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan yang dapat mengancam nyawa penderitanya.

banner 1080x1080

Karena itu, kita perlu mengetahui beberapa hal yang dapat mencegah penyakit itu menghampiri diri kita, salah satu yang cukup efektif dengan menerapkan gaya hidup sehat. Melansir laman Mind Body Green, berikut beberapa upaya yang diperlukan untuk mencegah kanker.

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Studi menunjukkan bahwa makanan bernutrisi terutama yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu menurunkan risiko kanker. Pastikan kita mengonsumsi sejumlah nutrisi yang meliputi mikro dan makronutrien, vitamin, mineral hingga antioksidan melalui berbagai makanan utuh serta multivitamin bila perlu.

Baca Juga:  Inovasi Gema Duta Parenting Potong Pele Stunting jadi Target Bidang Kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah

2. Pastikan tidur cukup

Meski terlihat sederhana, memperhatikan kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita secara keseluruhan. Pada satu studi longitudinal yang diterbitkan dalam jurnal Sleep di tahun 2021, orang dewasa yang lebih tua dengan kualitas tidur buruk, hampir 60 persen lebih mungkin mengembangkan kanker dibandingkan mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik.

Bahkan hasil studi menyebutkan kalau risiko itu bisa terjadi meski tidak ada riwayat kanker dari keluarga. Di samping itu, pola tidur yang buruk juga berkaitan dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti gangguan kekebalan tubuh, hingga penyakit pada kardiovaskular.

3. Jangan lupakan serat

Selain antioksidan, salah satu nutrisi penting yang perlu dicukupi untuk mencegah kanker adalah serat. Ya, menurut tinjauan meta-analisis tahun 2018 dari Journal of Chiropractic Medicine, mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker tertentu, khususnya kanker kolorektal dan payudara. Berdasarkan laporan itu, pria setidaknya membutuhkan 38 gram per hari, sedangkan wanita membutuhkan setidaknya 25 gram asupan serat harian.(BM31)

banner 1080x1080
banner 1080x1534
error: Konten Dilindungi !