banner 1080x1921

DPD GAMKI Maluku Meyakini Timsel Bawaslu di Maluku Dapat Melahirkan Para Pengawas Pemilu yang Profesional

Ambon, BM31News.com – DPD GAMKI Maluku memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Tim Seleksi calon Anggota Bawaslu periode 2023-2028 yang sampai saat ini telah menunaikan Tugasnya dengan baik dan sungguh-sungguh.

DPD GAMKI Maluku mengharapkan bahwa, tugas dan tanggungjawab tim seleksi dapat dilakukan dengan benar dan sesuai konstitusi sehingga dapat membawa kebaikan untuk semua, terutama pada penyelenggaraan Pemilu.

banner 1080x1080

“Kami meyakini dengan sungguh bahwa dalam tugasnya timsel selama ini berupaya untuk menjaga independensinya dan olehnya patut diberikan apresiasi terhadap Proses seleksi yang telah dilakukan sampai saat ini sehingga 12 orang yang terbaik telah dihasilkan oleh tim seleksi yang kemudian akan diumumkan 6 orang untuk diuji melalui fit and proper test sehingga tersedianya 3 orang anggota Bawaslu di 11 Kab/Kota.” Ungkap Sekretaris DPD GAMKI Maluku, Michael Siahaya melalui press release yang diterima BM31News.com, Selasa (25/07/2023).

Baca Juga:  Gandeng PASKER Kemenaker RI, CDC UNPATTI Laksanakan Seminar Persiapan Karir

GAMKI menilai tim seleksi calon Bawaslu telah melakukan tugas yang mulia. Banyak ukuran dan kriteria yang dipakai untuk meloloskan kandidat calon anggota Bawaslu dari jumlah ratusan orang hingga menjadi 12 orang calon anggota Bawaslu.

“Ini memang bukan pekerjaan yang mudah untuk diselesaikan ketika melakukan seleksi seperti itu. Dan bukan tidak mungkin akan mendapatkan banyak tantangan yang datang dari pihak luar, namun yang paling penting bagi kami, kita ingin melihat hasilnya, karena menyangkut dengan masa depan bangsa terkhususnya Maluku. Ketika kita salah memilih mereka maka kita akan memiliki tanggungjawab moril yang sangat berat. Ungkap Siahaya.

Lanjutnya, segala kriteria yang menjadi penilaian terhadap calon anggota Bawaslu oleh timsel harus dapat dilakukan secara terukur, namun dari semua kriteria itu yang penting adalah soal moralitas dari calon kandidat.

Baca Juga:  Sembilan Delegasi Fakultas Ikut Seleksi PILMAPRES Tingkat Universitas Pattimura

Yang dikatakan penting itu harus berada pada titik yang paling utama, sehingga timsel diharapkan untuk memilih orang-orang yang bisa meletakkan nilai-nilai kejujuran, sehingga dapat melahirkan penyelenggaraan pemilu yang berintegritas. Mengingat bahwa Bawaslu merupakan salah satu komponen penyelenggara pemilu yang sangat penting sehingga perlu dilakukan penilaian dengan cermat.

DPD GAMKI Maluku meyakini bahwa penilaian terhadap semua calon yang telah lolos seleksi sampai dengan tahap ini adalah memang orang-orang yang terbaik dan layak untuk dijadikan sebagai kandidat calon anggota Bawaslu

Olehnya itu sebagai Masyarakat dalam mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemilu yang berintegritas GAMKI berharap kita dapat membatu kerja-kerja tim seleksi dengan memberi masukan-masukan agar melahirkan anggota Bawaslu yang profesional, mengingat tantangan pemilu dan pilkada serentak 2024 sangat luar biasa. (BM31)

banner 1080x1080
banner 1080x1534
error: Konten Dilindungi !