BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News

BM31News

Implementasi Hasil Riset untuk Kapal Perikanan, Unpatti Ambon Gelar Workshop Internasional Bidang Riset

Ambon, – Universitas Pattimura (Unpatti) melaksanakan Workshop Internasional Kolaborasi bidang Riset bersama University College London (UCL), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Orela Shipyard Surabaya di Aula lantai dua Rektorat Unpatti pada Senin (20/5/24).

Workshop Internasional Kolaborasi di bidang Riset antara Unpatti dengan UCL, ITS dan Orela Shipyard yang berlangsung selama lima hari ini sebagai “Implementasi Hasil Riset untuk Kapal-Kapal Perikanan” terhadap instrumen keselamatan kapal perikanan dan keselamatan ABK di laut dengan menggunakan Aplikasi Mobile App kepada para pengguna kapal maupun implementasi hasil riset tentang desain baru penggunaan alat pembantu penangkapan ikan maupun penyelarasan aplikasi sistem pencahayaan dari energi Surya.

BM31News

Wolter R. Hetharia selaku panitia dalam arahannya di depan peserta workshop mengatakan pengembangan kerja sama bidang institut perguruan tinggi adalah hal yang mutlak dilaksanakan.

Hal ini sebagai upaya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dikatakannya bahwa kerja sama perguruan tinggi secara nasional maupun internasional wajar di laksanakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi pada tingkat nasional maupun internasional.

BM31News

Implementasi dari kerj asama antar perguruan tinggi di level nasional maupun internasional ucap Hetharia pada prinsipnya akan berdampak positif terhadap kemajuan antara institusi di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan kerja sama yang di laksanakan.

Hetharia menjabarkan kalau Fakultas Teknik (Fatek) Unpatti melalui tim riset telah melakukan kerja sama dalam bidang penelitian dan University College London (UCL) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Orela Shipyard Surabaya melalui kontrak kerja sama tahun 2021-2022 dan telah di implentasikan tahun 2023-2024.

Baca Juga:  PUPR Maluku Pastikan Ruas Jalan Hatu dan Wakasihu Segera Dikerjakan Dalam Waktu Dekat

Doktor di bidang teknik perkapalan ini mengatakan kalau dalam workshop ini juga akan di lakukan presentasi desiminasi hasil riset antara Unpatti dengan UCL yang di jabarkan oleh Andrea Grech La Rosa dari UCL dan juga Wolter Hetharia dari Unpatti Ambon tentang keselamatan kapal perikanan serta desain dan aplikasi energi surya untuk rumpon perikanan.

BM31News

Sementara itu, Hetharia membenarkan kalau dalam kegiatan ini di lakukan Workshop Inclining Test terhadap kapal ikan kelompok nelayan Desa Hitu Kabupaten Maluku Tengah, maupun Workshop Aplikasi Mobile App pada kapal ikan serta Workshop Aplikasi Safety Jacket kepada nelayan dan FGD yang melibatkan para pimpinan Unpatti dan Fakultas Teknik terhadap kerja sama di masa depan, sebutnya.

Menurut Hetharia bahwa Workshop Internasional Bidang Riset ini juga di lakukan presentasi rumpon modern menggunakan tenaga surya dalam sistem penerangan yang sudah di gunakan pada kampung nelayan desa Hitu.

BM31News BM31News
BM31News
error: Konten Dilindungi !