BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News

BM31News

Dua Mahasiswa Kedokteran Unpatti Terpilih Jadi Delegasi AMSEP dan AMSC 2024 di Thailand dan Jepang

Ambon, – Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Athalya Leonni Rumahlatu terpilih menjadi salah satu delegasi pada Asian Medical Students Exchange Program (AMSEP) 2024 di Fakultas Kedokteran Princess Srisavangavadhana (PSCM) Chulabhorn Royal Akademi, Bangkok-Thailand.

Kegiatan yang berlangsung sejak 14-20 Mei 2024 itu merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Asian Medical Students Association (AMSA).

BM31News

Menurut Leonni, terdapat 40 Universitas yang menjadi Anggota AMSA sehingga setiap tahun banyak sekali yang antusias untuk mendaftar AMSEP, namun hanya delegasi yang terpilih sesuai kuota yaitu sebanyak 20 delegasi.

Dia menambahkan bahwa selama kegiatan terdapat tiga aspek yang dipelajari yakni akademik, sosial budaya dan pelayanan masyarakat dengan penerapan filosofi AMSA yaitu pengetahuan, aksi dan persahabatan.

Mahasiswa kedokteran menurut Leonni mendapat banyak pengalaman dan pelajaran selama berada di Thailand baik dari segi akademik, sosial budaya dan pelayanan masyarakat.

BM31News

“Saya bersyukur, bisa diberikan kesempatan untuk mengunjungi rumah sakit dan mempelajari secara langsung cara melakukan biopsi vagina di Women Health Center, lakukan USG pada jantung, belajar kasus-kasus medis serta bertukar pengetahuan dengan dokter di sana tentang perbedaan kesehatan antara Thailand dan Indonesia,” ucap Leonni.

Selain itu, selama di rumah sakit kata Leonni mereka juga diajari Clinical Skill Lab (CSL) untuk melakukan CPR pada bayi.

Baca Juga:  PPPK Jadi Prioritas Kebutuhan Seleksi CASN 2023

Dia (Leonni) menambahkan bahwa selain aspak akademik, mereka juga mempelajari aspek sosial budaya dan juga pelayanan masyarakat seperti mempelajari sejarah pemerintahan Thailand, sejarah perkembangan kedokteran di Thailand, mengunjungi museum kedokteran, melakukan kunjungan ke candi dengan menggunakan busana tradisional Thailand serta melakukan kegiatan sosial dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

BM31News

Leonni berharap dengan pengalaman dan pengetahuan yang di dapat selama kegiatan Asian Medical Students Exchange Program (AMSEP), ketika kembali dirinya akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan khususnya bagi perempuan.

Selain Leonni, ada juga mahasiswa FK Unpatti yakni Cherlyn Seleky yang terpilih menjadi salah satu dari 57 general delegasi Indonesia pada Asian Medical Students Conference (AMSC) ke-45 Tahun 2024 pada 21-27 Juli mendatang di Narita dan Tokyo, Jepang.

BM31News BM31News
BM31News
error: Konten Dilindungi !