BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News
BM31News

BM31News

Kakisina Buka Pelatihan Capacity Building

Ambon, – Pelatihan Capacity Building dengan tema “CORE STEP: Solusi Berbasis Pengetahuan yang Inovatif untuk Sistem Layanan Kesehatan Primer yang Inklusif dan Siap Menghadapi Perubahan Iklim” dilaksanakan atas kerja sama Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Griffith University dan Universitas Pattimura berlangsung di Aula Lt. 3 Gedung Pascasarjana UNPATTI pada Selasa (30/4/2024).

Kegiatan Capacity Building yang dibuka secara resmi oleh Pieter Kakisina selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNPATTI adalah upaya meningkatkan kapasitas individu, kelompok atau organisasi dalam mencapai tujuan atau visi tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baik individu, tenaga kesehatan maupun lembaga kesehatan dari aspek ilmu pengetahuan, keterampilan maupun perilaku dalam menghadapi dampak atau fenomena yang terjadi karena perubahan iklim.

BM31News

Leader Peneliti Indonesia Project Core Step Rina Suryani Oktari dalam sambutanya megatakan kegiatan ini merupakan bentuk penelitian yang telah dilakukan sejak 2 tahun yang lalu dengan nama Project Core Step yang bertujuan untuk mempersiapkan puskesmas agar lebih inklusif dan lebih paham dalam menghadapi dampak dari perubahan iklim.

“Perubahan iklim dampaknya juga memberikan kontribusi yang signifikan pada sektor kesehatan dan pelatihan ini untuk memberikan peningkatan dalam kapasistas pengetahuan juga keterampilan bagi tenaga kesehatan di puskesmas-puskesmas terkait dengan perubahan iklim yang berdampak pada kesehatan manusia,” ungkap Suryani.

Baca Juga:  Yudisium Fakultas Teknik UNPATTI Periode April, 3 Mahasiswa Peroleh Predikat Cumlaude

Ia menambahkan perubahan iklim dan dampaknya dapat diukur tingkat resikonya dan upaya metigasi serta adaptasi yang dilakukan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

BM31News

Agar kedepanya para peserta dapat menjadi agen perubahan dan dapat mengedukasi masyarakat serta tenaga kesehatan yang lainya tentang dampak buruk yang ditimbulkan oleh perubahan iklim di sektor kesehatan, harap Suryani.

Selain itu, Wendy Pelupessy selaku Kadis Kesehatan Kota Ambon menyampaikan terima kasih kepada pihak Project Core Step karena telah mimilih Kota Ambon sebagai wilayah penelitian yang berkolaborasi dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Griffith University dengan melibatkan beberapa mitra seperti Kementrian Kesehatan, ICLEI Indonesia, Universitas Pattimura dan Universitas Mataram.

BM31News BM31News
BM31News
error: Konten Dilindungi !